What Are You Looking For?

Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit
Kesehatan 02 Juni 2024 258 Views

Ketika berhubungan dengan perawatan kulit, antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Salah satu manfaatnya adalah memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar kulit tampak kenyal dan muda. Dalam dunia kesehatan, antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menetralisir radikal bebas yang berbahaya. Sedangkan dalam teknologi pengolahan pangan, senyawa antioksidan berperan dalam mempertahankan mutu produk pangan.  Contohnya, mulai dari menghambat berbagai jenis kerusakan seperti ketengikan, perubahan warna aroma, perubahan tekstur, dan perubahan nilai gizi.


Ketika berhubungan dengan perawatan kulit, antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Tidak seperti sunscreen dan pelembap, antioksidan bekerja melindungi kulit dari dalam keluar dengan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.  Lantas, apa saja manfaat lain antioksidan untuk kesehatan kulit?

Menetralkan radikal bebas
Radikal bebas adalah partikel seperti asap, polusi, dan sinar UV yang mengoksidasi kulit, sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan penuaan dini. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi dan dapat ditemui dalam khasiat vitamin E.

Meningkatkan produksi kolagen
Kolagen bertugas memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar kulit tampak kenyal dan muda. Dengan penggunaan krim antioksidan yang dapat menyerap ke lapisan dalam kulit, antioksidan tersebut dapat menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. 

Mengurangi garis halus dan kerutan
Keriput dan garis halus adalah bagian alami dari proses penuaan. Penurunan produksi kolagen elastis mulai terjadi, lalu kulit wajah mulai mengendur. Radikal bebas yang terbentuk dari kelebihan paparan sinar matahari dapat mempercepat efek alami dari penuaan. Antioksidan tidak dapat memperlambat kerusakan yang tidak disebabkan oleh radikal bebas.

Mengurangi bintik hitam
Bintik-bintik ini muncul ketika sinar matahari mempercepat produksi melanin di kulit. Melanin ini menjadi semakin jelas hingga terbentuk bintik-bintik hitam. Kandungan antioksidan dalam produk perawatan kulit, khususnya vitamin C, telah terbukti memberi manfaat dalam mengurangi pigmentasi melanin pada kulit.

Mengurangi jerawat
Vitamin A adalah antioksidan yang sangat kuat dan digunakan pada produk Perawatan Wajah. Maka dari itu, namanya lebih dikenal sebagai retinoid atau retin A.  Ketika digunakan ke kulit, vitamin A masuk jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin. Sumbatan ini merupakan salah satu penyebab utama dari komedo dan jerawat. Vitamin A juga dapat membantu mengurangi kelebihan minyak di pori-pori dan mengurangi jerawat jika dikombinasikan dengan pembersih kulit berkualitas. Konsumsi vitamin A dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi wajah berminyak dan berjerawat.

Mencegah penuaan dini
Salah satu manfaat utama antioksidan adalah kemampuannya untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Contohnya seperti garis-garis halus, kerutan, dan kehilangan kekenyalan kulit. Antioksidan membantu memperkuat struktur kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga elastisitas kulit, sehingga mengurangi tanda-tanda penuaan yang tampak.

Menjaga kelembapan kulit 
Antioksidan dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit dengan memperkuat penghalang kulit dan mencegah kehilangan kelembapan berlebihan. Ini membantu kulit tetap terhidrasi dan lembut, mengurangi risiko kulit kering dan pecah-pecah.  Kelembapan kulit–terutama kulit wajah–bisa dijaga dengan mengaplikasikan essence. Informasi mengenai ini bisa dibaca di Kenali Berbagai Manfaat Essence dalam Rangkaian Skincare.

Mencerahkan kulit
Antioksidan dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin berlebihan. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. Dengan mengurangi produksi melanin yang berlebihan, antioksidan membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan penampilan kulit yang lebih cerah dan merata.

Membantu mengurangi peradangan
Antioksidan memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Ini bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah kulit yang terkait dengan peradangan, seperti jerawat, dermatitis, atau rosacea. Antioksidan membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan yang terkait dengan peradangan.

Memperbaiki kerusakan paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti bintik-bintik penuaan, kerutan, dan bahkan kanker kulit. Antioksidan membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut.


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life