What Are You Looking For?

Glycolic Acid, Solusi Permasalahan Kulit

Glycolic Acid, Solusi Permasalahan Kulit
Kecantikan 28 Januari 2024 547 Views

Manfaat glycolic acid sudah sangat terkenal dalam dunia kecantikan. Glycolic acid (asam glikolat) adalah salah satu asam dari golongan alpha hydroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu dan bersifat larut dalam air. Glycolic acid banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai produk kecantikan, seperti krim, serum, dan toner wajah.

Fungsi utama  
Glycolic acid memiliki molekul yang sangat kecil sehingga bisa dengan mudah menembus dan diserap oleh kulit. Fungsi utama glycolic acid adalah untuk mengelupaskan kulit dan memecah sel kulit mati, sehingga regenerasi kulit bisa terjadi dengan lebih cepat dan efisien.

Ragam manfaat glycolic acid 
Di bawah ini adalah beragam manfaat glycolic acid bagi kecantikan dan peremajaan kulit:

Mencerahkan kulit
Salah satu manfaat glycolic acid untuk kulit adalah membantu mencerahkan wajah. Pasalnya, senyawa ini dapat membantu pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Kulit kusam merupakan masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah akibat penumpukan sel kulit mati. Studi dalam jurnal Cosmetics menyebutkan bahwa chemical peeling dengan menggunakan glycolic acid dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh, serta merangsang produksi kolagen dan pergantian sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Mengatasi jerawat
Glycolic acid bermanfaat untuk mengatasi jerawat karena efek pengelupasan yang dimilikinya mampu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak yang bisa menyumbat pori-pori. Jika pori-pori bersih dari segala kotoran, risiko terbentuknya jerawat juga akan menurun.

Menyamarkan bekas jerawat
Selain mengatasi jerawat, glycolic acid juga mampu menyamarkan bekas jerawat, yang biasanya ditandai dengan perubahan warna kemerahan atau kecokelatan pada kulit. Efek pengelupasan glycolic acid bisa membantu mencerahkan warna kulit yang lebih gelap, menghaluskan, dan meratakan bekas luka pada kulit akibat jerawat.

Meratakan warna kulit
Bagi Anda yang bermasalah dengan warna kulit yang tidak rata, manfaat glycolic acid yang satu ini bisa jadi solusi.  Studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology melakukan penelitian selama 12 minggu untuk melihat efek penggunaan obat topikal dengan kandungan glycolic acid guna mengatasi permasalahan kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada minggu ke-4 pemakaian, terlihat perubahan pada warna kulit, tekstur kulit, dan memudarnya bekas jerawat. Perubahan ini pun tetap ada hingga minggu ke-12 percobaan.  Hal ini karena senyawa ini mampu mengangkat sel kulit mati serta meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu meratakan warna kulit

Membersihkan dan mengecilkan pori-pori 
Minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati dapat tersumbat di pori-pori dan membuat pori-pori wajah terlihat membesar. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat dan komedo. Glycolic acid merupakan senyawa yang dikenal dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh dan mengecilkan pori-pori kulit. Senyawa ini dapat membantu mengecilkan pori-pori dengan cara mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak, maupun sisa make up yang menyumbat pori-pori.

Menghaluskan kulit
Menumpuknya sel kulit mati di wajah juga dapat membuat tekstur kulit jadi kasar, kusam dan rentan berjerawat.  Salah satu fungsi glycolic acid untuk wajah adalah membantu menghaluskan kulit. Hal ini karena senyawa ini dapat merangsang pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Selain itu, senyawa ini juga dapat memicu produksi kolagen dan pergantian sel kulit. Dengan begitu, kulit akan terasa halus dan lembut. 

Melawan tanda-tanda penuaan pada wajah
Paparan radikal bebas yang berasal dari sinar radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan sel kulit dan menurunkan elastisitas kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan kulit, seperti garis halus atau keriput.  Manfaat glycolic acid untuk melawan tanda penuaan berasal dari kemampuan senyawa ini  dalam membantu merangsang produksi kolagen, yakni protein penting yang berperan dalam pertumbuhan sel kulit baru dan peremajaan kulit. Studi dalam jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, mengungkapkan bahwa menggunakan rangkaian skincare yang memiliki kandungan glycolic acid dan vitamin seperti vitamin B3, vitamin C dan vitamin E dapat secara signifikan mengurangi keriput.  

Memudarkan hiperpigmentasi
Masalah hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh paparan sinar UV dalam jangka panjang, noda bekas jerawat, penuaan kulit, dan melasma. Sebagai eksfolian, manfaat glycolic acid adalah meluruhkan sel-sel kulit mati dan menggelap akibat hiperpigmentasi, lalu memunculkan sel-sel baru yang segar dan cerah ke permukaan kulit. Rutin melakukan eksfoliasi akan mengatasi hiperpigmentasi sehingga warna kulit menjadi cerah merata.

Menghidrasi kulit
Salah satu penyebab kulit tampak kusam dan teksturnya kasar adalah dehidrasi. Karena merupakan humektan, maka glycolic acid dapat membantu mengatasi masalah dehidrasi karena dapat menarik dan mengikat air dari lingkungan untuk menghidrasi kulit. Manfaat yang diberikan glycolic acid adalah kulit menjadi lebih kenyal, tampak cerah, dan teksturnya menjadi halus. 

Memiliki sifat antibakteri dan antioksidan
Manfaat glycolic acid juga berasal dari kandungan sifat antibakteri dan antioksidan di dalamnya.  Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Synthetic Chemistry and Natural Product Chemistry, asam glikolat memiliki efek antibakteri dan antioksidan yang mampu membersihkan pori-pori kulit dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas. 

Mempersiapkan kulit menerima produk skincare lainnya
Manfaat glycolic acid lainnya adalah mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare lainnya.  Ini karena glycolic acid memiliki ukuran molekul yang sangat kecil sehingga mudah menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.  Setelah menggunakan skincare mengandung asam glikolat, kamu bisa menggunakan obat jerawat, serum anti-aging, atau serum wajah.  Senyawa asam glikolat memiliki kemampuan yang baik untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen, sehingga bahan ini banyak ditemukan dalam produk skincare.

Ada berbagai manfaat glycolic acid untuk kulit, seperti memudarkan bekas jerawat, menghaluskan warna kulit, mencerahkan, meratakan warna kulit, hingga mencegah munculnya tanda penuaan. Senyawa ini dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari jadi pasien untuk menggunakan sunscreen ketika bepergian selama menggunakan produk glycolic acid.

 


Be Everlasting with Glutera

Unleash The Beauty Within

Brighten Up Your life